Thursday 29 July 2010

Mudah Membuat Kartu Pos Dengan Page Maker

Bagi Anda yang ingin berkreasi membuat berbagai macam model kartu pos pasti kesulitan mencari program apa yang bisa memudahkan Anda membuat kartu pos yang sesuai dengan selera. Ada satu program yang bisa mengatasi masalah tersebut. Program tersebut adalah Page Maker. Page Maker telah menyediakan fasilitas yang bisa digunakan untuk membuat postcard dengan menyediakan berbagai macam templete yang ada, sehingga memudahkan Anda untuk berkreasi.

Untuk memulainya, buka Page Maker [Start]>[Program]>[Adobe]>[Page Maker 7.0]>[Adobe Page Maker 7.0]. Setelah program tersebut dijalankan, tampilkan Show Template Palette dengan cara klik menu [Window]>[Plug-in Palettes]>[Show Template Palette]. Jika Templates sudah muncul, pilih Category yang diinginkan, dalam hal ini adalah Category kartu pos (post card).
 
Langkah selanjutnya adalah, pilih template yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya template 2000640.PMT. Untuk menampilkan template tersebut lakukan double klik pada gambar template. Setelah itu akan muncul PANOSE Font Matching Results dimana Anda akan menentukan font yang akan dipakai, misalnya memakai [Times New Roman]. Tentukan status dari font tersebut, apakah hanya sebagai [Temporary] atau [Permanent], klik [Ok]. Kemudian akan muncul perintah, apakah Anda ingin menyimpan perubahan font atau tidak, [Yes] atau [No]. Jika Anda pilih [Yes], maka template tersebut akan berubah sesuai dengan selera Anda, namun jika memilih [No], maka perubahan itu tidak akan disimpan.
 
Jika tampilan tamplete telah muncul, maka Anda bisa melakukan editing untuk post card pilihan Anda sesuai dengan selera. Misalnya dengan mengganti warna frame, font atau ingin menambahkan gambar (insert picture). Selamat mencoba.

No comments: